BELAJAR ANIMASI FRAME BY FRAME



Frame merupakan satuan terkecil di dalam sebuah video. Bila pada program flash, frame di anggap seperti kertas HVS yang sudah di gambar, dan bila frame di perpanjang sebanyak lima frame maka di anggap seperti lima kertas HVS yang memiliki gambar yang sama. Jika  melakukan kesalahan menggambar pada satu frame, maka frame yang lain juga akan mengikuti perubahan gambar tersebut. Ini dikarena kan frame tidak dapat berdiri sendiri.

Animasi frame adalah animasi yang paling sederhana, animasi ini didapatkan dari serangkaian gambar yang ditunjukan secara bergantian. Pergantian pada gambar diukur dengan menggunakan satuan fps (frame per second). Seperti animasi frame saat membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, lalu buka buku sedemikian rupa dengan menggunakan jempol, maka gambar terkesan bergerak.

Animasi frame by frame membuat anda untuk membuat gambar dengan jumlah yang lebih banyak. Karena efek animasi yang dibuat dengan mengubah gambar yang satu dengan gambar yang lain selama beberapa waktu. Seluruh gambar yang dapat bergerak itu dihasilkan dari gambar yang berbeda – beda di setiap frame nya.  

Keyframe adalah frame yang dimana anda menentukan perubahan pada sebuah tombol dan animasi. Pada animasi tween, anda membuat keyframe pada titik yang penting di dalam timeline.

Blackframe adalah anda mempersiapkan sebuah frame yang kosong untuk diisi dengan objek yang baru, bila kita menggambar objek tersebut, maka blank keyframe sudah berisi objek, yang diberi tanda dengan titik bulat putih pada frame.

Langkah – langkah membuat animasi frame by frame

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, buka file baru pada softwate Flash atau Ctrl + N. Lalu pilih Action Script 3.0 dan klik OK
  2. Anda pilih Rectangle Tool {P} pada toolbox dan anda mulai membuat objek balok pada stage dengan mengklik dan drag, jangan lupa untuk menambahkan warna fill objek balok dan warna harus berbeda dari warna background stage.
  3. Kemudian klik kanan di frame ke 1, pilih insert keyframe atau anda dapat menekan tombol F6, lalu akan muncul frame yang ke 2. Pada fram yang ke 2 anda pilih Free Transform Tool {Q}, dan putar balok sedikit lebih ke kanan dan letak nya di pindahkan sedikit ke bawah dengan menakan tombol Shift + panah bawah satu kali.
  4. Lalu masukkan kembali Keyframe sampai menjadi tiga frame, kemudian putar kembali balok sedikit kea rah kanan dan sedikit ke arah bawah.
  5. Ulangi langkah yang di lalui pada langkah ke 4 hingga frame menjadi 8 dan balok terlihat tampak jatuh.
  6. Terakhir, tekan enter agar dapat melihat hasil nya.

Membuat animasi teks frame by frame

Berikut langkah – langkah pembuatan animasi teks frame by frame :

  • Membuat dokumen yang berukuran 150×150 pixel, dengan menggunakan background berwarna putih. Klik edit pada tab Properties. Lalu pada tab document setting ubah dimension.
  • Kemudian klik kanan pada frame 5, insert blank keyframe, dan ketik huruf dengan menggunakan text tool
  • Klik kanan pada frame 10, lakukan hal yang sama seperti langkah ke dua
  • Klik kanan pada frame 15, lakukan hal yang sama seperti langkah ke dua
  • Kilk kanan pada frame 40, insert blank keyframe
  • Dan terakhir tekan Ctrl + E untuk dapat menjalankan animasi nya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *